Header 1

KAMUDA' MORENG
ADIL KA' TALINO, BACURAMIN KA' SARUGA, BASENGAT KA' JUBATA

Minggu, 18 November 2012

cara mengubah sound pada Startup pada Windows 7

hai teman semua,, apa kabar semuanya. sudah lama ndak update blog ne karena sibuk dengan praktek kuliah,, semoga semuanya selalu baik-baik saja.

oke pada kesempatan kali ini saya mau berbagi sedikit trik berupa sebuah software yang cukup unik menurut saya, namanya Startup Sound Changer. walapun trik ini cukup lama dan sudah tidak asing lagi bagi para blogger semua, tapi tidak ada salahnya saya berbagi tips ini bagi teman-teman yang belum pernah mendengarnya. langsung saja,,
nah,pertama kali anda semua menghidupkan laptop pasti anda mendengar suara startup ciri khas dari windows 7, tetapi terkadang lama-lama kita jenuh juga dengan suara itu dan mulai berfikir untuk mengganti suara startup tersebut. pada pengaturan windows sangat sulit sekali untuk mengubahnya baik pengguna komputer pemula,, tetapi dengan software ini dengan beberapa kali klik saja maka sound startup anda akan berubah sesuai dengan apa yang anda inginkan. baiklah caranya adalah sebagai berikut:

1. download aplikasinya yang bernama Startup Sound Changer, bisa cari di mbah Google atau mau lebih cepat download di sini.
2. extract file tadi maka anda akan menemukan filenya yaitu "StartupSoundChanger"
3. siapkan lagu yang kita inginkan, nah untuk file suara disini kita harus menggunakan suara yang berformat WAV, tidak bisa Mp3. jadi jika sound yang kita punya berformat Mp3 atau yang lainnya, kita harus mengconvertnya terlebih dahulu. cara mengconvertnya pasti tahu kan misalnya dengan jet audio atau xilisoft.
4. nah setelah file yang kita siapkan tadi telah selesai saatnya kita mengubah suaranya, caranya buka program StartupSoundChanger tadi, pilih Replace dan cari file suara yang ingin kita jadikan siara pada saat startup, kemudian klik open. maka suara startup windows kita akan berubah. bagaimana simple bukan, kemudian untuk mengembalikan ke asalnya tinggal buka programnya dan pilih restore.
5. untuk mendengarkan hasilnya restart kompi sobat. selesai.

semoga Tips di atas dapat bermanfaat bagi sobat semua.

catatan: untuk file atau suara yang kita gunakan paling tidak mempunyai durasi sekitar 10 detik. aneh kan jika hanya untuk startup kita sampai mendengarkan satu buah lagu,, hahahahaha. jadi saran saya cari file yang ciri khas saja seperti sebuah ringtone atau apalah terserah sobat semua,, hehehe. oke selamat bereksperimen.

2 komentar: